30 Agustus 2015

Awal Mula Elektro Undip Ada

Hai Kawan-kawanku, khususnya adik-adik SMA tingkat akhir, sekarang pasti makin kotar-katir ya menghadapi tes masuk PTN. Udah mantep belum dengan pilihan jurusan dan universitasnya? Untuk ngebantu ente nimbang-nimbang mau masuk universitas mana, nah ane  jadi tertarik buat promosi kampus ane nih, yaitu Teknik Elektro, Universitas Diponegoro.
Perkenalan dulu yak. Gak kenal kagak sayang, haha. Nama ane Akhmad Milzam Willy Pratama, dipanggil Izam. Ane sendiri calon S.T. Teknik Elektro tahun 2017 (aminin yak lulusan tepat waktu) Undip. Lahir sih di Brebes, tapi besar di Semarang (biasa ikut arus urbanisasi).
Oke, sedikit pengantar dulu ya tentang Universitas Diponegoro. Mungkin udah pada tau, Undip merupakan universitas yang berlokasi di Semarang yang terkenal sebagai kota lumpia. Sehebat apa sih Undip sebagai sebuah lembaga pendidikan tinggi di Indonesia? Kalo diliat dari alumni sih banyak yak level top-lah jabatannya. Kalo diukur secara kuantitas dan kualitas, memang sih alumni Undip masih kalah dari ITB, UGM, UI but ... Undip tempel ketat secara prestasi. Peringkat juga kalo gak 4 , 5, 6 lah. Keren dah alamamaterku ini, selalu berjiwa besar untuk mengalah (halah alesan, wkwk).

Singkat cerita yak awal mula berdirinya UNDIP,
Sekitar awal tahun 1950-an rakyat Jateng bingung kalo mau nerusin pendidikan tinggi. Waktu jaman Indonesia berbentuk serikat , paling dekat ya cuma UGM untuk universitas negeri di Yogyakarta.  Minat lulusan cah SMU di Jawa Tengah untukmelanjutkan pendidikan tinggi di universitas makin meningkat, namun  terbatasnya universitas yang ada, sehingga tidak semua bisa mengenyam pendidikan tinggi. Harapan warga Jateng untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi di akomodir oleh Yayasan Universitas Semarang dengan Akte Notaris R.M. Soeprapto No. 59 tanggal 4 Desember 1956 sebagai cikal bakal berdirinya universitas di Semarang dengan nama Universitas Semarang.
Tokoh – tokoh penting yang memprakarsai berdirinya Universitas Semarang adalah Mr. Imam Bardjo ( jabatannya waktu itu Kepala Kejaksaan atau Pengawas Kejaksaan-Kejaksaan di Jawa Tengah dan Yogyakarta), Mr. Sudarto, Mr. Soesanto Kartoatmodjo, dan Mr Dan Soelaiman (ketiganya jaksa di Semarang). Pendirian Universitas Semarang ternyata dapat respon positif khususnya masyarakat Semarang, Pemda Propinsi Jawa Tengah, serta Pemkot Semarang. Secara resmi Universitas Semarang dibuka pada tanggal 9 Januari 1957, sebagai Presiden Universitas alias Rektor ialah Mr. Imam Bardjo.
Mengingat UNDIP masih berumur muda, fasilitas sarana dan prasarana pendidikan yang masih sangat terbatas. Sehingga hanya ada Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat. Sedangkan pendidikan Akademi Teknik, yang kemudian menjadi Fakultas Teknik, baru ada pada tanggal 20 Oktober 1958, dengan dekan pertama, Prof. Ir. R. Soemarman.
Nah kalo perubahan nama jadi Universitas Diponegoro itu sewaktu pak Soedarto, SH dkk mau membuat pernyataan bersedia menjadi dosen atau pegawai universitas yang akan di negerikan kemudian. Mereka menguruskan juga perihal lahan ke Kementrian Agraria di Jakarta. Dengan usaha keras bolak-balik ke Jakarta akhirnya panitia penegerian Universitas Semarang dapat bertemu dengan Presiden Soekarno pada tanggal 9 Januari 1960 dan beliau setuju menegerikan universitas swasta ini dan memberikan nama “Universitas Diponegoro”. Keputusan Presiden ini kemudian dikukuhkan dengan Peraturan Pemerintah No 7 Tahun 1961 dan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan  No 101247/UU tanggal 3 Desember 1960. Keputusan tersebut berlaku surut mulai tanggal 15 Oktober 1960 dengan ketentuan tanggal tersebut merupakan Dies Natalis Undip.
Pada awalnya 9 Januari 1960, yaitu tanggal pada waktu Presiden Soekarno memberi nama Universitas Diponegoro diusulkan menjadi hari jadi UNDIP, namun akhirnya  kembali ditetapkan  tanggal 15 Oktober 1950 sebagai hari jadi, mengingat pada tanggal ini terjadi “pertempuran lima hari” selama revolusi fisik di kota Semarang. UNDIP memilih tanggal ini untuk meneruskan cita-cita pejuang kemerdekaan bangsa mengisi kemerdekaan dengan mencerdaskan bangsa. UNDIP adalah bentuk sumbangsih para penerus bangsa atas amanah yang ditinggalkan para pejuang kemerdekaan.
Itu dia riwayat singkat almamaterku. Bangga bener dah, jadi bagian dari generasi yang dipercaya oleh Pangeran Diponegoro dan Ir. Soekarno untuk mencerdaskan bangsa. Luar biasa!

Sejarah Teknik Elektro UNDIP
Nah ini dia segmen untuk bahas kampus ane. Seiringan dengan peningkatan produktifitas tanah air setelah merdeka, listrik adalah bagian terpenting untuk mencapai cita-cita sesuai dengan pembukaan UUD 1945 yaitu mensejahterakan bangsa. Dalam rangka ikut bagian itu, Fakutas Teknik Universitas Diponegoro memperluas cakrawalanya dengan usaha-usaha antara lain membuka program studi-program studi baru. Khususnya untuk membuka Program Studi Teknik Elektro dan Teknik Mesin telah dikeluarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Diponegoro Nomor : 144/SK/ PT09.3/1981, tanggal 19 Desember 1981, tentang Pembentukan Team Studi Kemungkinan Pembukaan Jurusan Baru.
Team ini diketuai oleh Ir. Marwoto Kusumopradono dan Penanggung jawab Ir. Joetata Hadihardaja selaku Dekan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Team studi ini mengadakan studi banding ke UGM Yogyakarta pada bulan Januari 1982; ke ITB Bandung pada bulan Maret 1982 dan pada bulan April 1982. Team tersebut mengadakan studi kelayakan ke instansi-instansi pemerintah di Kodya Semarang yaitu antara lain Pemda Dati I, PLN, BKPMD dan lain- lain. 
Berdasarkan hasil kerja Team Studi tersebut, Rektor Universitas Diponegoro mengeluarkan SK No. 158/SK/PT09/1982, tanggal 6 Desember 1982, tentang Pembukaan Program Studi Strata 1 (S-1) Teknik Elektro dan Teknik Mesin. Berdasarkan SK tersebut Dekan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro mengambil kebijaksanaan bahwa untuk menerima mahasiswa Program Studi Teknik Elektro yang bernaung di Jurusan Matematik dan Program Studi Teknik Mesin yang bernaung di Jurusan Teknik Kimia. 
Pada tahun akademik 1985/1986 Program Studi Teknik Elektro dalam menerima mahasiswa baru bernaung di Program Studi Teknik Mesin. Mulai tahun akademik 1986/1987 Program Studi Teknik Elektro secara penuh menjadi Program Studi di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro sesuai dengan SK Dirjen Dikti No. 47/DIKTI/Kep/1986 tanggal 26 Desember 1986. SK tersebut berlaku surut bahwa Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Diponegoro secara resmi berdiri mulai tahun akademik 1983/1984. 
Sejak awal berdiri hingga tahun 1998, Teknik Elektro Undip memempati salah satu ruang gedung Fakultas Teknik Undip di Jl. Hayamuruk 5-7 Semarang. Laboratorium pertama adalah suatu ruang 3×6 meter milik Teknik Sipil Undip di Jl. Dr. Sutomo, Kalisari Semarang (belakang lapangan Kalisari). Ruang kuliah menggunakan ruang Arsitek, Sipil dan Teknik Kimia yang terletak di Jl. Hayamwuruk dan Jl. Mataram (sekarang jadi ruko mataram). Dosen pertama adalah Ir. Sulasno.
Sejalan dengan berjalannya waktu, Teknik Elektro Undip berkembang dengan mendapatkan ruang kuliah dan laboratorium arus lemah di gedung bantuan Pemda Jateng di Jl. Hayamwuruk, sedangkan laboratorium arus kuat menggunakan gedung dibelakang masjid Diponegoro. Staff dosen juga bertambah dengan hadirnya Ir. Ngatelan, Ir. Yuningtyastuti, Ir. Sudjadi dan lain-lainya. Subjurusan dan kurikulum beberapa kali berubah sesuai dengan kebutuhan perkembangan jaman, pada awalnya hanya terdiri dari subjurusan arus kuat dan arus lemah saja.

Pada tahun 1998, Teknik Elektro Undip pindah ke kampus Tembalang, sekitar 10 km arah selatan dari kampus lama. Di kampus baru Undip seluas 350Ha, Teknik Elektro menempati sebagian dari Fakultas Teknik Undip, dengan dua gedung utama berlantai tiga. Ditempat inilah, hingga kini, terletak kantor, lab, ruang kegiatan mahasiswa dan ruang kuliah yang digunakan untuk aktifitas dosen, mahasiswa dan karyawan Teknik Elektro Undip.
Sekarang sih udah nyaman banget dah kuliah di Elektro. Fasilitas komplit, Dosen pengertian banget, dan juga senior friendly. Tapi perlu usaha sih kalo pengin deket senior, hehe. Secara S.T. Elektro dituntun gercep, kooperatif, dan jago ngomong, gak cuma modal ilmu aja. Sekian dah ane membahas jurusan ane, pengen tau bisa comment dah. Semoga postingan pertama ane ini bisa bermanfaat bagi kalian-kalian yang ingin mengenal sejarah Elektro.Mohon kritik dan saran ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar