30 Agustus 2015

Pentingnya Sistem Tenaga Listrik yang Terencana

Assalamualaikum Wr. Wb.
Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua dimudahkan dalam memahami dan menerapakan ilmu-Nya.
Sistem Tenaga Listrik adalah beberapa unsur perangkat peralatan yang terdiri dari pembangkitan, penyaluran, distribusi dan pelanggan, yang satu dengan yang lainnya berhubungan dan saling bekerja sama sehingga menghasilkan tenaga listrik.
Sistem tenaga listrik harus bisa melayani pelanggan secara baik, dalam arti sistem tenaga listrik tersebut aman dan handal.
Dalam suatu sistem tenaga listrik, yang dimaksud pembangkit tenaga listrik ialah suatu alat/peralatan yang berfungsi untuk membangkitkan tenaga listrik dengan cara mengubah energi potensial menjadi tenaga mekanik selanjutnya menjadi tenaga listrik. Istilah lain yang dipakai untuk menyebut pembangkit tenaga listrik ialah pusat tenaga listrik.
Masing-masing jenis pembangkit tenaga listrik mempunyai prinsip kerja yang berbeda-beda, sesuai dengan penggerak mulanya (prime mover).
Dalam pembangunan pembangkit tenaga listrik, secara umum ada beberapa pertimbangan dan tahapan yang harus diperhatikan, yaitu :
1. Studi analisa mengenai dampak lingkungan (amdal)
2. Memperhitungkan dan memprediksikan tersedianya sumber daya penggerak
3. Tersedianya lahan beserta prasarana dan sarananya
4. Pertimbangan dari segi pemakaian pembangkit tenaga listrik
5. Biaya pembangunannya harus ekonomis dan diupayakan memakan waktu sesingkat mungkin
6. Pertimbangan dari segi kemudahan dalam pengoperasian, keandalan yang tinggi, mudah dalam pemeliharaan dan umur operasional (life time)
7. Harus dipertimbangkan kemungkinan bertambahnya beban

8. Berbagai pertimbangan sosial

Semoga bermanfaat. Wassalamu’alaikum wR wB.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar